Tips sederhana mengatasi kelinci sakit

By: s3norabbit

Jan 20 2009

Kategori: Tak Berkategori

243 Komentar

Beternak kelinci memang gampang-gampang susah,jika kita tidak tahu tehnik dasar cara berternak kelinci maka kita akan merugi karena banyak yang mati. Hal dasar yang paling di utamakan dalam memelihara binatang ini adalah makanan dan kebersihan kandang,jika kedua hal tersebut dapat terpenuhi maka kelinci akan sehat gemuk dan populasinya akan cepat.Dalam memberikan pakan kita tidak boleh sembarangan,pakan yang baik adalah hijauan atau rumput yang telah dilayukan,sebagai makanan penguat boleh kita tambahkan pelet kelinci di pagi atau siang hari.Pelet unggas juga boleh asal tidak pelet kadaluarsa.Air minum sangat penting bagi kelinci,sediakan setengah gelas air matang perharinya,air minum sangat dibutuhkan bagi kelinci yang di kasih pelet kering,karena pelet sama sekali tidak mengandung air. Kalau di "s3norabbit"makanan yang diberikan sudah bnyak mengandung air,jadi pemberian air minum kita kurangi,biasanya di s3norabbit tiap pagi dikasih tepung jagung dan kedelai di campur dengan dedak katul dan sedikit air panas, kelinci sangat suka terhadap makanan ini.Kebersihan kandang harus benar-benar dijaga,sanitasi harus ada biar udara mudah berganti,bersihkan sisa makanan tiap pagi,kalau bisa usahakan sinar matahari pagi bisa mengenai kandang,sehingga bakteri dan virus-virus penyakit akan mati.Sebenarnya kunci keberhasilan adalah di peternak itu sendiri,di butuhkan ketelatenan dan keseriusan dalam usaha ternak kelinci.

Kendala yang paling sering dihadapi adalah timbulnya penyakit,untuk itu peternak harus paham betul cara mengatasi masalah-masalah tersebut.

Penyakit yang sering timbul adalah kembung,mencret,lumpuh,scabies,pilek dll.Berikut saya akan berbagi-bagi tips dalam mengatasi penyakit-penyakit tersebut,resep ini saya tulis berdasarkan pengalaman saja.

1.Kembung

Penyebab kembung biasanya terkena angin malam,kelinci memang suka di hawa yang dingin tapi dia tidak kuat dengan angin malam yang dingin.makanan yang banyak mengandung gas,misalnya kol segar,kangkung segar,singkong dll.Boleh dikasih kol, kangkung, singkong tapi harus dilayukan dulu sehingga kandungan gasnya hilang.Penangananya berikan obat namanya magasida,banyak dijual di apotik-apotik,dengan dosis 1/2 tablet untuk kelinci dewasa.

2.Mencret

Penyebab mencret biasanya dari makanan yang terlalu basah dan banyak mengandung bakteri penyakit,juga bisa disebabkan kandungan serat,lemak,protein sangat tidak seimbang.

Penangananya berikan makanan kering seperti pelet,rumput kering/hay,untuk sementara jauhkan hijauan dan air minum,berikan obat flagyl atau fladex dengan dosis 1/2 tablet untuk kelinci dewasa campur dengan teh hangat,minumkan 2x pagi dan malam.Sebelum terjadi mencret biasanya kelinci kembung dulu obatnya ada di no 1

3.Scabies

Scabies atau gudig,ini adalah penyakit yang menular,jauhkan kelinci yang kena scabies dengan kelinci lain.Penyebab utama dari penyakit ini adalah kebersihan kandang yang tidak terjaga,kandang terlalu lembab dll,penangananya cukur bulu-bulu di sekitar scabies olesi secara merata dengan salep kulit 88 atau bisa juga dengan ultrasilin.Tapi jika scabiesnya sudah parah sebaiknya disuntik dengan obat khusus scabies di petshop biasanya ada

4.Lumpuh

Lumpuh adalah salah satu penyakit yang sangat menjengkelkan,seperti pengalaman di s3norabbit,pagi kelinci nampak sehat siangnya kelinci sudah lumpuh mendadak.

Ini biasa terjadi pada kelinci yang berusia 2 sampai 3 bln dan kelinci yang baru melahirkan.Penyebab pasti belum begitu jelas namun pengamatan di s3norabbit terhadap kelinci yang lumpuh adalah karena ;

-kelinci tersebut kurang minum

-memakan rumput yang mengandung air embun pagi

-terjadi sembelit

biasanya di s3norabbit cara pengobatanya adalah sbb ;

Nyalakan lampu bolam 25 watt ,urutkan lampu pada ke 4 kaki kelinci,dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas secara bergantian,kasih obat "remachil" 1/2 tablet tiap sore selama belum sembuh,sediakan/beri air minum,kasih lampu dan nyalakan 24jam penuh.Di s3norabbit resep ini sangat manjur,3-5 hari biasanya kelinci bisa berjalan lagi.
Semoga bermanfaat
Rex

ciri khas kelinci ini adalah pada bulu,bulunya sangat lembut seperti beludru,banyak di pelihara sebagai kelinci hias

Flemish giant

Kelinci ini biasa disebut flam,flam sebenarnya adalah jenis kelinci pedaging,namum akhir-akhir ini kelinci jenis ini masuk kedalam jenis hias,karena banyak orang mencarinya bukan untuk diambil dagingnya melainkan hanya untuk dipelihara.
Sesuai namanya kelinci ini bisa besar dengan bobot 6 sampai 8 kilo,kebanyakan di Indonesia kelinci ini sudah beberapa kali mengalami penyilangan
Untuk jenis-jenis kelinci,di bahas selanjutnya

243 comments on “Tips sederhana mengatasi kelinci sakit”

  1. Mas aku pingin tanya..,apakah kelinci umur 2 bln sudah boleh di mandikan?

  2. Boleh tahu gak alamatnya s3norabbit dimana?

  3. Dear Farida…,kelinci unur 2 bln,sbaiknya jgn di mandikan dulu,umur 2 bln kondisinya msh lemah dan mudah sakit.
    Memandikan kelinci sbaiknya pada saat kelinci berumur 4 bln lebih dan dilakukan siang hari pas udara panas.
    Semoga berguna

  4. mas, saya cma mau tanya,napa sih klo klinci diare gak doyan makan?”al nya klinciku yg brumur 2bln kna diare nih…klinci ku biasany paling rkus klo makan eh, skarang drastis bgt,tuh kelinci diem aj jd gak tega neh liat nya…itu aj deh yg aq mo tnyain ke s3norabbit,tlg d jwb secepatnya ! thank’s ya…..

  5. Dear meli….
    Kelinci diare jelas gak doyan makan,karena sedang ada masalah di pencernaanya, dia merasakan sakit diperutnya seperti kita kalau lagi kena diare pasti mules dan males makan, ini harus segera diobati,coba anda kasih obat Flagil atau Fladex dengan dosis 1/3 tablet minumkan dengan air teh hangat.
    Obat ini banyak dijual di apotik-apotik.
    Semoga cepet tertolong.

  6. Yth…S3norabbit…
    Kelinci betina saya sudah sy kawinkan tapi sdh 40hr lebih tidak melahirkan,knp ya apa kelinci sy mandul.Skrg sy coba kwinkan lg tp tdk mau?Knp ya?Trs gmn cr agar dia mau kawin? Trims

  7. Dear ardi…
    Usia kandungan smp melahrkan ideal 29 s/d 33 hari.
    Mengawinkan kelinci tidak ada jaminan akan selalu berhasil,jika anda mengawinkan disaat sel telur betina tidak matang kemungkinan besar tdk akan trjd kebuntingan.
    Kita tdk bs memastikan mandul ap tdk yg jelas anda prlu mencoba kmbali.
    Coba anda kasih jagung giling/tumbuk untuk merangsang kematangan sel telur,2 atau 3 hr cb anda kawnkan lg
    smg berhasil

    info selengkapnya

    http://s3norabbit.wordpress.com

  8. aduh gimana nih..

    kelinci gw gi sakit..

    gw takut kelinci gw mati..

    setelah gw baca tips ini,,,gw nyadar gw sering berbuat kesalahan ma kelinci gw..

  9. Dear Tya….
    Jika benar kelincinya lagi sakit,pastikan sakitnya apa,lalu segera beri obat.
    90% kematian kelinci disebabkan karena terlambat diberi obat
    Info lengkap

    http://s3norabbit.wordpress.com

  10. mas apakah kelinci flams warnany mesti coklat abu2? dua bulan lalu aku beli indukan flams yang sedang hamil, sekarang sudah beranak 7 ekor. yang 2 warnanya coklat abu2 spt induknya, yg 1 putih polos dan sisanya putih kombinasi hitam coklat. pertanyaan saya, apakah kemungkina indukan yg saya beli itu dikawinkan silang oleh pedagangnya? trmkasih sebelumnya

  11. Dear Wahyu….
    Mungkin saja kelinci anda sudah mengalami penyilangan…
    Jenis flam yg diakui beberapa peternak adlh tidak ada kelinci flam memiliki 2 atau 3 warna,.
    Ciri flam adalah mempunyai panjang badan tidak kurang dari 20inc/50cm dan panjang telinga tidak boleh kurang dari 15 cm untuk kelinci dewasa
    berat minimal setelah dewasa 6kq
    semoga bermanfaat

    http://s3norabbit.wordpress.com

  12. Pagi…..
    Uda 2 bulan ini saya pelihara kelinci….. Biasa nya pelihara 4 – 5 ekor, klo ada yang mati, saya beli lagi… Total keseluruhan ada 15 ekor. Sekarang tinggal 1…. hiks hiks
    Semua mati nya sama karena mencret2…..
    Thanks buat saran2 nya, semoga yg 1 ini bisa diobati.
    Semangat

  13. sy baru mulai memelihara kelinci… kelinci sy tdk mau sama sekali mkn pelet, makannya sawi. trus kalo minum air biasa kurang suka, lebih suka minum teh manis.
    sore tadi kotorannya mulai menggumpal di duburnya (mencret ya?). gmn biar dia suka makan pelet (padahal sy sudah beli pelet 2 macam)?

    trims

  14. Dear Flaminggo,
    kelinci yg tdk biasa mkan pelet memang kdng2 tdk doyan pelet, kt harus bs melatinya. Namun perlu d perhatkan…Pelet yg sdh kadaluarsa kdng2 aroma peletnya hilang,shg klnci tdk mau mkan pelet dan ini akan lbh berbahaya jk termakan kelinci tsb. Cb anda kasih pelet ayam dl ,biasnya pelet unggas baunya lbh tajam,klnci biasnya sgt rakus dgn plet ayam,dan cb anda kurangi pemberian rumput di siang hari.
    Lbh bgus air minum pake air putih matang sj,kl mencret biasanya kotoranya berceceran dimana2 dan bulu diskatar dubur kotor dan basah.
    Semoga bermanfaat

    http://s3norabbit.wordpress.com

  15. kk mau tanya donk,, kalo yang kembung klinci kira2 4bulanan, nah itu dosis magasida berapa ya…? trus cara pemberiannya langsung di berikan atau boleh di campur dengan air..?

    thx kk ^^

  16. Dear Renzy
    Kelinci umur 4 bln bisa dikasih 1/2 tablet, gerus dan minumkan dengan air hangat ulangi siap 7 jam
    semoga membantu…

    http://s3norabbit.worpress.com

  17. mas mau tnya nh…
    sy bru 2 minggu pnya kelinci tp minggu kmrn 1kelinci sy mati,g tw pnyebab’a apa…trz yang stu lg skrang sakit dah d baw k dokter hewan tp sampai sekarang dy krang napsu mkan,dan sekarang kotoran’a terlihat da lendir tp g mencret ap itu y???dan bgmn cra’a biar dy sehat n napsu mkn lg????

  18. mas mau tnya nh…
    sy bru 2 minggu pnya kelinci tp minggu kmrn 1kelinci sy mati,g tw pnyebab’a apa…trz yang stu lg skrang sakit dah d baw k dokter hewan tp sampai sekarang dy krang napsu mkan,dan sekarang kotoran’a terlihat da lendir tp g mencret ap itu y???dan bgmn cra’a biar dy sehat n napsu mkn lg????ylong blz gpl

  19. Thanks artikelnya.

  20. Dear yala…
    Kemungkinan kelinci anda mengalami dehidrasi,ini sgt berbahaya jk dibiarkan tau-tau kelinci sakit males makan dan kurus dan akhirnya mati,dehidrasi ini sblumnya tdk menunjukan kembung atau mencret tp tb2 mati,..Solusinya beri dia minum air matang,biarkan dia minum spuasnya.Stlh itu beri vaksin kekebalan tubuh lalu di injeksi dgn vitamin neorophin.
    Smg membantu

  21. kk mo nanya donk…kelinci aq baru umur 3 bln, lg sakit flu kayanya coz suka bersin2 n hidungnya berair. jd susah buat nafas krn mampet, jd nafasnya lewat mulut. aq kasian bgt liatnya…trus mata sblh kiri jd berair jg n sayu. mo tanya obatnya apaan ya? biar ga salah2 kasi…coz di t4 aq ga ad dokter hewan. please help me….

  22. Dear Yay…
    Coba anda beli obat cair namanya Sundrop,cari di petshop bnyak tersedia,tetesi 4 s/d 5 tetes tiap pagi,siang,sore,malam, kalau blm parah biasanya sembuh.
    Info lengkap

    http://s3norabbit.blogspot.com

  23. kk saya punya kelinci 2 bulan tpi knapa saya beri minum air putih matang kok gk mau?mohon pencerhaannya

  24. Dear werenx…
    Kelinci yang tidak biasa di beri air minum memang agak sulit membuat kelinci tsb mau minum,namun jika tiap hari pemberian air minum selalu disediakan di kandang,lama-lama dia pasti minum juga. Jgn putus asa yg pntg air minum sll ada di kandang, krn air minum sgt pntg bg kelinci.
    Info lengkap
    http://www.s3norabbit.blogspot.com

  25. Mas,, Aku punya himalayan 4 bulan.. nah tiba tiba dia mencret.. dikasih pelet juga ga mau.. gimana dong??

  26. Biasanya kelinciku kalo mencret dikasih minum air teh manis atau air gula. langsung brenti kok dan pupnya kembali normal

  27. Dear…Mira
    ya jelas gak mau,karena dia lg sakit, segera obati dengan obat mencret,kalau s3norabbit biasanya memakai fladex atau fagyl, tp kl susah nyarinya kasih diapet juga boleh ,tarik makanan yg terlalu basah,berikan rumput2 kering atau hijauan yang sudah dilayukan,tetep kasih pelet dan air minum.
    Semoga bermanfaat.
    Info terbaru :
    s3norabbit mengajak semua pecinta kelinci untuk menjalin sebuah kerjasama di bidang bisnis,silahkan kunjungi http://www.tinyurl.com/ntronik

  28. Boleh juga tuch ide nya Luna,kasih teh manis atau air gula, boleh di coba,tapi jangan sampai kebanyakan gula ya,karena gula sebenarnya tidak baik bg pencernakan kelinci.
    Thank Luna,di tunggu saran2 beriktnya.

    Info :
    yang mau gabung atau krjasama dgn s3norabbit klik http://tinyurl.com/ntronik

  29. aq pNy kLinCi bRu shaRi d beLi Tp qo dy ga mW maEm ya…?
    udH gTu ga LincaH, PdahaL paS mZih d pEtsHop dy LincaH” aZ.
    mLah sKrg qo jdi kLiataN Lmes ya, dieM aJa gTu mWny tdUraN aJa.
    kNp ya kLinci qu…?
    mHon bNtuaN’ny…!

  30. kelinciku lagi mencret nie, tadi pagi ku coba kasih 1 tablet enstrostop, kira-kira bisa sembuh ga ya???? ku takut kelinciku yang ini mati lagi karena sebelum kelinci ini kelinci ku yang dulu juga mencret dan akhirnya mati… hiks,,,hiks…

  31. dah kembung gak mau makan gimana mas tolong beritips nya…….. ooo iya obat nya di gerus dolo apa langsung di makan kan…… ?????? bls pls ….

  32. kelinciku umurnya bru 1 atau 2 bulan dia mencret2 mulu trs g mau makan , gmn y cr ngatasinnya? trims

  33. kelinciku umurnya bru 1 atau 2 bulan dia mencret2 mulu trs g mau makan , gmn y cr ngatasinnya? trims
    plis bls scptnya y,, soalnya kelinciku yg sblmny jg kyk gtu tp skrng dah mati hiks hiks

  34. Kelinci umur 2bln boleh g c dkasih minum,? Ada yg blg klo kelinci 2bulan,perutny msh belum kuat,jd masi rentan.. Tolong d reply ya.. Tq

  35. kan kelinci kalo lagi diare ga mao makan n minum. jadi gimana ngasih obatnya??berati kalo ngasi wortel juga ga boleh ya?harus dikeringin or dilayuin dulu.kalo lagi diare berapa hari si biasanya kelinci bertahan hidup???thx

  36. Mas numpang tanya. kelinci saya tiba-tiba lumpuh dan lemas gitu.. gimana cara mengobatinya. thanks

  37. mw tnya dong
    kelinci aku sakit , dia gg mau mkn sama sekali ,
    lemes bgt , matanya berair
    tapi gg mencret
    itu skt apa ya ??
    aku gg tega bgt ngliatnya
    udh mnjlg 3 hari krjanya cm tduran aja
    dia harus dimkasih obat apa ??
    tlg di bls cpt yy
    tq

  38. SlAm Rabbit . . . .

    TlonG” q mau nta tLong

    gNi q kh pnYa bbRpa kelinci d rm,Slh stu dR kli nci tu tiba” Kaki nya bengKaK.
    Udh Tak Ksih obT sntikan si . . .

    Tp yG Lbh PRAh NYa KeLInci Q tu g Ma mKan.

    Yg Lbh ParaH nYa Lg KeLinci tu Lg menYuSui…

    aQ bNer” bNgUng pa Yg hRs aq LkuiN.

    Gmna Cr NYa kelinCI tu mau MaKan lg sHat & menYusui lG dg Lancar..

    Tlong ya

  39. Berpa lama y ka, kelinci bsa berthan hidup klo lgi mencret???
    Soalx kyax kkQ mls bawa kelinciQ yg lgi mencret ke dokter..:(

  40. kelinci ku nggak mau makan belakang hari ini,,, gimana dong apa obatnya
    thanks

  41. baGi mna donk kelincI Q g mw mkn

  42. aku mau tanya, knapa ya klinci ku klo dksih wortel kencingnya jadi warna orange? sbenernya boleh ngga sih mkn wortel? trus klinci itu dkasih minum ngga?

    tx….

  43. boleh tanya…?
    kelinciku namanya rax,jeniz rex
    saat ini dy sedang mencret (_ _”)
    tpi dya sdah dikasi obat namanya”sanprimax”
    skarang dya agak baikan,dari tdi dyem mulu di pojokan,skarang dah mulai lincah :)
    apa obat yng sya berikan benar?klo cara yng lebih tepatnya mengatasi klincio mencret gmna yaa?
    thx to all

  44. boleh tanya…?
    kelinciku namanya rax,jeniz rex
    saat ini dy sedang mencret (_ _”)
    tpi dya sdah dikasi obat namanya”sanprimax”
    skarang dya agak baikan,dari tdi dyem mulu di pojokan,skarang dah mulai lincah :)
    apa obat yng sya berikan benar?klo cara yng lebih tepatnya mengatasi klinci mencret gmna yaa?
    thx to all

  45. tdiii klici saiia mengalamii sakiitt , saiia jg blm tau sakit apa , di balik tubuhnya terdapat kotoran 2 , dan saiia mengelapnya dengan tisu sesudah it diia sekarat dan mengalami kematiian …..

  46. saya mau tanya.. bagaimana caranya kelinci di mandikan? saya takut klo mandiin kelinci sembarang, nanti kelinci nya sakit atau jadi mati…

  47. @shirley
    kelinci mencret pada umumnya tidak ada obat khusus,tp bs dikasih obat alternatif spt yg telah anda coba,kl metode saya adalah spt yg tlh saya tulis diatas yaitu dikasih obat Flagyl atau Fladex (di apotik bnyk dijual) cr penanganya jg udh aq share di atas. Thx to.

    @rianny
    turut berduka atas kematian kelincinya…
    Kemungkinan besar kelinci anda mengalami kembung dan mencret dan telat dalam menanganinya shg trjd kematian.

  48. @Nur jayanti
    tips memandikan kelinci
    1.Semprot bulu kelinci dengan sprayer sampai basah,
    2.Gunakan Handuk atau Spon atau bahan sejenisnya untuk mengelap dan membersihkan bulu kalau perlu disemprot kembali
    3.Setelah dirasa bersih taruh kelinci di tempat panas (dijemur),stlh kelihatan kering mskan kembali kekandang
    Perhatian…
    Jangan memandikan kelinci dengan diceburkan ke air,atau disiram.Gunakan semprotan sprayer halus.
    Jangan memandikan kelinci di Malam hari.
    Bersihkan kandang selagi kelinci dijemur .
    Smg membantu

  49. mau tnya….kelinci mulai bs dikawinkan umur brapa??
    kelinci saya 1 mencret2 and jdi lemes gt…..apa nant bs menular ma kelinci yang laennya???obatnya apa????memberikan minuman pada kelinci baeknya gmn?pap ditaruh kayk tempat mangkuk gt apa kyk tempet minume hamster yg digantung…

  50. Dear friend,

    Saya baru tahu kalau mandikan kelinci tidak boleh di siram. Padahal selama ini saya memandikan kelinci2 dengan disiram, trus di shampo, trus disiram lagi… Selama ini selalu dengan air hangat dan langsung dikeringkan dengan hairdrier… Mereka alhamdulillah sehat2 saja… semoga selalu sehat…

  51. aku punya kelinci umurnya 3 Bulan
    kelinciku suka selonjoran
    katanya itu pertanda diare
    benarkah?
    tapi kelinciku kotorannya masih padat..
    gimana nih?

  52. kelinci ku lumpuh ..
    selama dalam pengobatan boleh dikasi makan atu cuma dikasi air minum aja ?
    tolong dong s3norabbit ..

  53. @vii…
    Harus ttp dikasih makan dong,minum jg harus.
    Yang penting selama masih lumpuh,perawatan harus exstra,tempatkan ditempat yang hangat,kl pagi dijemur,dan kasih obat yang benar…Atau silahkan coba trik penyembuhan kelinci lumpuh yang sudah saya share diatas.
    Thx.

  54. apasih ciri-ciri kelinci sedang diare?
    apa betul dia tdk mau makan, lesu, dan tidak aktif lagi? trim’s.

  55. tolong cepat dibalas yaaa.

  56. mau nanyak neh…
    gmn caranya nyembuhin kelinci yang gatel – gatel terus tumbuh kayak jamuran di telinga n hidungnya sampe’ buat rontok bulunya…
    tolong sarannya segera…
    thx….

  57. @nadiah…
    Kelinci diare tanda-tandanya kotoranya lembek dan basah mirip jely,(mencret)
    tanda-tanda fisik :
    lemas,gak nafsu makan,kadang2 disertai kembung…

    @rara…
    Kelinci anda terkena skabies / gudik,obatnya sangat gampang, diinjeksi aja sama obat gudik scabies,banyak di jual di PS,jangan lupa beli suntikanya yg paling kecil,cara nyuntiknya cukup kena kulitnya jgn smp kena dagingnya.

  58. aku mau tanya, kelinciku umur satu bulan, aku kasih makan wortel,kangkung sama apel. tapi setelah 2 hari aku kasih makan kangkung kok mencret ya?? trus nggak nafsu makan. aku kasih obat diare seperti diapet apa bisa sembuh?? makanan yang baik untuk kelinci umur satu bulan apa aja ya?? makasih

  59. ooww..ok…Mksi y…:)
    tapi masalahnya d derah ku jrang ad pet shop,,emank apa nama obatnya???

  60. Dear s3norabbit

    klo di kasih obat fladex/flagyl itu 1/3 tablet diminum sama teh hangat..itu tabletnya kita hancurin di larutkan bersama air atau seperti manusia gt obatnya lgsg di telan bersamaan minum air hangat? klo utuh..apakah kelincinya mau makan obatnya? thanks

  61. aku mau tanya kelinci boleh nggak mkan jagung ?
    dan knapa ya kelinci ku gak mau makan dan selalu lemas, dy juga gak mau tidur-tidur
    dan cara yang baik untuk memandikan kelinci yang berumur 3 bulan gimana ??
    please di jawab ya :))

    trims

  62. mas mau naya donk kalo kelinci sakit crabies itu gejalanya apa ya mass tolong di bales dgn waktu yang singkat ya mas maksih

  63. mas mau nanya donk… kalo kelinci sakit scarabies itu gejalanya apa ya???????? tolong di bales ya mas tolong di bales ya.. mas dgn waktu yang singkat ya mas.. terima kasih

  64. mas mau tanya kalo penyebab kelinci sakit mencret dan lumpuh itu sebabnya kenapa mas

  65. mas mau nanya dong.. kl kelinci saya kemarin mencret dan tadi sore saya kasih air mineral di campur gula. apakah ada pengaruhnya hingga kelinci saya mencret lagi yamas..???????? maksih ya mas

  66. untuk kelinci yg mencret klu di ksh obat untuk manusia bisa tdk ya?

  67. @Ayu, @Citra, @Andy
    Solusi kelinci mencret adalah dikasih obat diapet,fladex atau flagyl atau obat yang umum dipakai manusia,dengan dosis 1/3 saja, digerus atau dihaluskan campur air lalu diminumkan ke kelinci. Thx

  68. @Rara, @Dinda,.
    Tanda awal scabies terjadi kerak-kerak disekitar telinga,disela-sela jari kaki ,semakin lama semakin menebal menjalar ke seluruh tubuh termasuk ke hidung.
    Penanganan paling evektif adalah dengan disuntik obat gudik,yang sering kami pakai adalah Wormectin.

    @Tika…@Shuffi jawaban udah dishare diatas .Thx

  69. saya punya kelinci jenis rex..
    dia tiba” ga mau makan, trus d mata’y seperti ada daging tumbuh,,,
    saya khawatir apa lagi ditambah ga mau makan sama sekali…
    mohon djawab secepatnya…
    thanks

  70. aya punya kelinci jenis rex..
    dia tiba” ga mau makan, trus d mata’y seperti ada daging tumbuh,,,
    saya khawatir apa lagi ditambah ga mau makan sama sekali…
    mohon djawab secepatna bagaimana cara penanganan’y
    thanks

  71. kelinciku kmren aku kasih kangkung,rumput,bzk paginya aku lihat mencret nya banyak banget,lalu nggak mau makan ,maunya tidur aja terus,lalu aku kasih obat mencret IMODIUM,cocok nggk ya????

  72. Permisi.
    Sy punya kelinci nih, dia gi kena gudig or scabies, dan juga lagi flu, bersin2 melulu, smpe2 di hidungnya banyak lendir.

    Klo gudignya sudah diobati, dikasih obat dengan di suntik, dan kata peternaknya 4-5 hari gudignya bakalan rontok.
    Tapi ini sudah seminggu, belum rontok2..
    Bgaimana nih solusinya?

    N obat tuk flunya apa?

  73. kelinci saya sakit tidak bisa bergerak seperti lumpuh mendadak dan BAB nya mencret / kurang normal, bahkan sekarang sdh tdk bisa gerak sama sekali cuma masih bernafas dan dikasih makan agak susah. obatnya kira2 apa ya…?

  74. Aku punya kelinci umurnya 3 bulan.. kelinciku lumpuh dan sesekali kejang – kejang, di kasi oct pun, tapi gak ada reaksinya. aku takut kelinciku ma+i.. kira – kira ada solusi yang tepat gak yah k ?

    Makasi sebelumnya k.. Gbu

  75. @nisa
    coba pake trik s3norabbit diatas,ada tuh cara mengatasi sakit lumpuh.

  76. aq mau tnya.. kalo kelinci yg lg mencret di kasih daun jambu yg di tumbuk truz di kasih sdikit air hangat bis smbuh gx??
    soalnya skrng k’dua kelinci aq lg mencret.. dia sma skali gk mau mkan smpe bdn ya kurus.

  77. apa se obat yg pling baik buat kelinci yg kena diare?? klo emng daun jambu klutuk gk bsa smbuhin kelinci yg trkena diare..
    mohon d’jwab cpet yya.. aq btuh bgt buat kelinci aq..
    mkasih sbelumnya..

  78. Tolong dong….!
    barusan kelinci saya g mau gerak gitu,bahkan kepala nya dia g bs gerakin…
    Kyk mati,tp masih napas…….
    Itu kenapa ya??
    Lalu beberapa menit kemudian,dia kejang-kejang…..>~<
    Bagaimana ngobatinnya?

  79. Oh y,satu lg……
    Blh g kelinci di mandiin….??
    Kalo lg mndi,blh g d ksh sabun atau yg lain?
    Trims….^_^

  80. Oh y satu lg,Kelinci kalo dimandiin blh g d ksh sabun???
    Trims…^_^

  81. Kelinci sya tiba2 lumpuh,trus kejang2….
    Trus sya ikutin tips mas,Manjur sih….
    tp g tw napa tb2 jd mencret……Itu kenapa y??

  82. Maf ka, aku mau nanya, aku udah melhra kelinci slma 1 tahun lebih, dan kelinci ku blum prnh trkna penyakit, tapi skrng kelinci terkna pnykit, aku g tau pnykt nya apa, yg jls saat aku pgng kaki nya, dia mrsa skt trus dia tduran ja, klnci ku jg g mau mkn, itu nmnya pnykt apa y ka ?
    Trus cra ngobatinnya gmna ??
    Tolong bls y ka…??

  83. sy puya be2rapa induk kelinci ,setelah melahirkan , anak kelinci jarang sekali hidup waktu usia 1/2 bln anak kelinci mengalami kejang kejang lalu mati

  84. kak saya mau tanya sy py kelinci kena scabies, obat tradisional yg manjur apa? di sulawesi susah mencari obat scabies, kmrin sya kasih oli bekas scabiesnya pada rontok tp skrg kelincinya gk mw makan dan badannya panas.. hikss tolong pencerahannya. trims

  85. mau nanya dunk…aku baru 1 minggu memelihara kelinci anggora. td pagi pas mau ngasih makan tb2 dy udah terbaring lemas n ga sadar…kr2 itu knp y??trus gmn cara nyembuhinnya…makasih…

  86. mas, aku mau tanya dong.
    kelinci aku udah 4 hari mencret.
    pertama dia mencret terus sembuh terus mencret lagi.
    tapi nafsu makannya msih bagus.
    itu kenapa yaa?
    bahaya ga?
    soalnya dia masih ceria kok.
    balas yaa?
    makasih.. :D

  87. kelinciku lumpuh
    aq mau coba cara yang pake lampu itu
    maksudnya mengurutkan lampu ke 4 kaki kelinci itu gimana ya?
    makasih

  88. kalo kelinci gak mau minum gimana caranya dia biar mau minum
    tolong di jawab
    S3norabbit

  89. saya punya kelinci tapi koq kepala’a kaya miring gitu ya.. itu kenapa??? saya mau tanya lagi bagaimana cara kasih minum buat kelinci soal’a kelinci saya susah kalo disuruh minum?? tolong di jawab

  90. apa yg menyebab kelinci pilek ya?
    lalu apa obatnya?

  91. mas/mbak aq mau tanya,,td aku baca di coment,,katanya kelinci mencret bisa diobati dengan air gula atau teh manis hangat,,aq mau tanya,,kira2 gulanya berapa sendok teh ya mas untuk kelinci umur 2 bulan dan 4 bulan..aku takut kebanyakan..mohon dibalas..trims :)

  92. hoiya mas,,ada pertanyaan tambahan lagi, kalau ngobatin kelinci mencret dengan fladex/flagyl kan harus dicampur teh hangat juga,,teh nya dikasih gula jg ga mas? kalo iya, berapa bnyk gulanya? trims.

  93. terimakasih atas bantuan nya

  94. mas.. 3 hari yg lalu saya baru nagmbil 2 kelinci .. belum sampe 2 hari 1 kelinci ada yang mati mas.. yang lebih anehnya, kelincinya itu sebelum mati ada kejang-kejang+jerit-jerit dan tiba-tiba benturin badannya ke dinding kandang. Dan tidak lam mati dengan mengeluarkan darah dari mulut.. saya sekarang masih terpukul bener mas.. :'(
    nah yg 1 lagi besoknya malah gak mau makan mas!! waktu poop pun berlendir dan lengket di duburnya. dah gt dy gak byk gerak.. saya makin khawatir mas..
    mohon bimbingannya ya mas..

  95. mas,mau tanya.
    Kelinci ku seharian ini lemes.
    Enggak lincah seperti biasa nya.
    itu kenapa ya?
    Dan penanganannya gimana?
    Terus badannya itu getar-getar,tapi getarannya itu kenceng enggak kayak biasa nya.
    Mau nya cuma selonjoran aja di kandang nya.

  96. saya baru beli kelinci,dpt 1 hari udh skit,badannya lemes,mata sayu.klo mau blik arah tuch kejang2,tu knp yach??solusinya gmn??

  97. mas mau tanya
    klinci saia kan umur 2 bln n dia lg mencret2
    kl d ksh obt yg mas bilang gpapa kan ??
    soalnya kk tlsnya 1/2 tablet utk kelinci dewasa ?

    tq mas n kl bs bls nya secepatnya

  98. mas mau tanya satu lg
    cara ksh obat nya gimna ??
    campur dgn teh hangat truss ksh minum k dia ??
    tabltnya itu di ancurin dlu truss d aduk sma teh hengat y mas ??

    tq mas n kl bs blsnya secepatnya ..

  99. mas klinci ku umur 2 bln blm blh d mandiin kan ?
    mas klinci ku kan kotor karena kena mencret nya
    bersiin nya gmna y mas ??

    tq n kl bs bales secapat nya

  100. kk aq kemaren lusa baru beli 2 kelinci tp yg satunya pas td pagi mencret mencret tp dia mw makn
    udah aq kasih obat diapet tp msaih aja
    kenapa ya
    plisss kk tolong jawab secepat nya yah kk pliiiiiiiissssssssss
    q mohon

  101. aq takut dia mati

  102. kak q mau tanya nih…….klau klincinya skanya diam trus d pojok,,,,,g doyan mkn gtu itu knp ya?

  103. kak ak mau tanya nih kaki klinci k gak bisa gerak kyk patah gitu ap it namanya lumpuh ???

  104. kak mau nanya nih,,untuk mencegah kelinci kembung gimana yah..?

  105. numpang tanya bos,kelinci sya bru 7hari yang lalu bwa dri kampung,ktanya bru berumur dua minggu,tpi ko kyanya gede ya,ktnya anggora,trus skarang ko kyanya lemes banget ya,gk mau makan,bdannya pun kurus banget,kira2 kenapa ya..

  106. bila kelinci sakit boleh gak dikasih minyak kayu putih ????

  107. s3norabbit tolong dong gimana ngatasin kelinci yang lemes atau gx aktif lagi?

  108. Sya punya kelinci jenis lop saat ini dia lg sakit sakt nya itu seperti ngeluarin lendir cara ngatasi nya gimana ya

  109. Sya punya kelinci jenis lop saat ini dia lg sakit sakt nya itu seperti ngeluarin lendir cara ngatasi nya gimana ya dan kelinci sya itu tidak kurus malah gemuk secepat nya ya

  110. mas..knapa kelinci sya mencret2 trus sperti kelereng gitu di duburnya,,,??? knapa tuch mas…?? obatnya apa..?? mohon d bantu tanks…

  111. mas kelinci saya 2minggu ini hyperaktif, tapi pas tadi siang sampe sekarang maunya tidur di tempat yang gelap, kelinci saya juga jadi pendiam, apa dia sakit? gimana harus mengatasinya??

  112. mas kelinci saya 2minggu ini hyperaktif, tapi pas tadi siang sampe sekarang maunya tidur di tempat yang gelap, kelinci saya juga jadi pendiam, apa dia sakit? gimana harus mengatasinya?? tolong ya tipsnya :(

  113. kelinci aku matanya merah kenapa ya

  114. boleh gk kelinci mencret di kasih entrostop?

  115. mas kelinci ku kok kuping nya kadang ke atas kadang kebawah, knpa yah mas

  116. mas saya numpang tanya kalu kelinci yang baru umur 2tahun\bulan mencret dikasih obat apa?

  117. assalm k…. saya melihara kelinci 9 ekor k,,tp skarang tggl 2 karena pada mati,,,diia kena kurap k,,gimana y cara mengatasinya..karena di sini jarang ada dokter hewan k,,,tlg bntuannya y,,,

  118. kak gimana cara ngobatin kelinci kuaku gak tau penyakit apa
    tadi waktu pertamakali beli kuping nya masihtegak tapi setelah beberapa minggu
    kuping nya satu benkok sudah setengah bulan seperti itu gimana carngobatin nya kak besok tolong bls y piiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssssssss!!!!!!!! trus apa penyakit nya

    dear risma n.p

  119. kak kelinci ku kuping nya ke bawah satu itu apa penyakit nya? trus gimana cara ngobatin nya?

    plisssssssssssssssssssssss kak bales

    dear risma

  120. saya mau tanya, kok kelinci saya gabisa gerak,, trus makan dia mau tapi kayanya dia susah buat nelen,badannya gemeteran dan nafasnya ga teratur gitu, matanya juga satu ada yang berarir, pupnya juga berlendir, itu dikasih obat apa yang bikin dia sembuh lagi, sayang sedih bngt kaya gini, mohon cepet di bls ya! no saya 02198519511

  121. kelinci saya sedang mencret,kemungkinan memakan sisa makanan ayam d rumput karena saya juga memelihara ayam negeri,
    sekarang kelinci saya tidak mau makan apa2,bagaimana cara mengobatinya?? saya khawatir kelinci saya mati.

  122. mas aq mau tnya kelinci aq wktu itu pernah mencret parah smpai bulu area kaki rontok sampai botak,,saya search obatnya di kasi daun sirih sama daun jambu kelutuk,,alhamdullillah sembuh dan bulux mulai mau tumbuh,,
    tapi kq suka bersin2 ya?uda agak lama si tp aq diemin tp pas td aq liat wajahx hidungx jadi membesar dan terlihat mancung gitu,,kasian liatnya,,bisa kasi masukan gak di obati apa???
    thankz

  123. kelinci ku kmrn pipisnya merah,, tapi setelah ak kasih minum dy sehat lagi,, tapi sekarang kelinciku yang satu nya diare, dan dia gak mau makan sama sekali,, terus ak pernah baca di salah satu web kalo kelinci diare dipuasakan aja dulu satu hari, bener gak tuh

  124. kalaw kelinci saya sudah l’ma kena kurap di telinganya…..saya g’twu obat nya apa,,,,,,,jdi skarang kurapnay sudah melebar…. mohon di berijawaban ea mas….
    thank’s

  125. Trimakasih banyak atas iformasinya yang sangat berharga ini

  126. Mas,kalo kelinci berumur 4 bulan udah boleh d mandiin belom?
    Kalo boleh gimana cara mandiinnya,

  127. kak mau tanya..
    aku punya kelinci umurnya 1-2 bulanan. untuk kesehatan fisiknya latihan apa yang perlu diberikan? oh ya tadi aku ajak kelinciku jalan ke taman, dia suka lari-lari sama makan rumput disana, pulangnya dia langusng selonjoran. itu karena kecapean atau tanda diare? Segera dibales yaah

  128. mas kelinci saya sudah pernah melahirkan … tetapi ukurannya sangat kecil
    kenapa yah mas ? apakah kelinci sya melahirkan anak yg prematur ?

  129. kk..mw nyak donk..aq btu blik klinci tp ntah knp telinga nya kok ad kurap nya..kyk mna ngobati nya.itu kurap bisa nular sama kelinci satu lagi apa ga…?

  130. mas mau tanya kelinci aku telinga dan badan ya ada tumbuh jamur????
    apakah ada obat tradisional ya
    thanks before

  131. kelinci saya hari ini mulai aneh.. pinggiran mulutnya tiba2 kotor setelah saya kasih makan wortel. gimana cara menanganinya ya ? saya khawatir …

  132. mau tanya nih. saya baru beli kelinci. masih kecil. seminggu yg lalu kira2 belinya. trus pas udah dirumah beberapa hari kok mulutnya jd kotor ya? itu knp? padahal sy kasih makan pelet dan sayur + air minum. dibersihkan tapi ngga bisa hilang. malah semakin parah. mohon bantuannya :)

  133. Mas,,saya mau nanya,,
    Saya punya anak kelinci yang umurnya baru 3 minggu,,
    Sepertinya dia pilek,,karena idungnya basah matanya juga berair,,gimana ngobatinya,,kayanya mampet idungnya,,jadi nafasnya terengah2,,
    Mohon bantuannya,,
    Saya ga mau dia meniggal kaya saudara2nya,,
    Thx

  134. udah 4 kelinci saya kena lumpuh, awal nya saya kaget kok bisa kayak gini, mulut gak bisa gerak kaki bisa gerak cuma gak bisa jalan , tulang lehernya kayak patah, saya kan jadi ngeri, setelah saya baca saya jadi tahu, kelinci saya juga smuanya berumur 3bulan, selain cara menghangat kan menggunakan lampu ada cara yg lain gak?

  135. kk mau tanya donk ..
    klnci saya kemrin terinjak tp tdk ad yg luka dn skrng dy tdk mau mkn ..
    ad solusinya gak ??
    mhon dblas ya .. makash

  136. kk aku mau tanya please tlg di jawab
    kelinci ku dirumah selalu diam aja di kandang
    tapi kalo di keluarin lincah bgt
    trs buncis boleh dikasih ke kelinci ngk
    mohon bantuan nya ya kak
    please

  137. KELINCI SAYA SAKIT TAPI SAYA TIDAK TAHU SAKIT APA ?TAPI INI GEJALANYA : PIPISNYA BAU ,DIAM TERUS

  138. Kelinciqow gaG MaU MaKan 3hari.
    Knp iOo…
    Cma Diam Ajja.

  139. kalau mau kasih obat ke kelinci itu di apain?????

  140. di campur sama minum apa di sendiriin??????

  141. please cepat kelinci saya udah sakit

  142. Saya mau Tanya niih..udah hampir setahun saya pelihara kelinci..
    Tp saya blm tau jenis kelamin.a apah.. Kelinci saya nama.

  143. Mau numpang nanya di rmh punya kelinci tp udh 2 minggu ini kupingnya muncul kerak lalu koreng di pinggir’a,2hr lalu udh sempet di suntik ke pet shop tp msh blm ad perubahan.malahan skrng kelinci’a jd lesu males berdiri, nafsu makan kurang,tai’a mencret dan kl dilepas ke halaman gg mau gerak malah tiduran aja.mohon pencerahan’a dan solusi’a ya…

  144. Numpang nanya di rmh punya kelinci tp 2 minggu ni telinga’a muncul kerak lalu jd koreng,2hr lalu sempet di bawa ke pet shop minta suntik tp smp skrng msh blm ad perubahan,malah kelinci’a nambah lesu,males berdiri(tdr aja),nafsu makan kurang,tai’a mencret dan kl dilepas ke halaman diem aja gg mau gerak.mohon pencerahan dan solusi’a…

  145. Mkch wat info’y

  146. mas,selain obat kimia apakah ada obat herbalnya misalkan kencur atau apalah untuk penyakit diare..???

  147. mas, kalo tiba2 kelincinya lemes gag bisa jalan gitu ?obatnya apa y? padahal semalem enggak kenapa2

  148. mau tanya, kelinciku tiba2 lumpuh (baru ketauan pagi2)padahal sorenya sehat.
    dia ga lemes, masih doyan makan tapi ga bisa jalan.jadi dia ga bisa bersihiin ee nya sendiri. sedih mas liatnya..ada saran?harus gimana?
    oia biasanya kalo liat tikus kan kakinya dihentak2in, mungkin kali ini terlalu keras dihentakinnya jadi sampe lumpuh,ini si baru kemungkinan.
    mohon bantuan n sarannya dong, kasian liatnya T_T

  149. kelinci saya yang lumpuh udah dewasa sekitar 4 tahun lebih. gimana ya biar bisa sembuh lagi?makasih

  150. kelinciq kecil kna diare n mati semua, sblum mti q bli klnci yg agk dwsa n q jdi’n stu tp skrg kelinciq k’ jd lmes jg yg dwsa y. ap dy mo skt jg mas? ap dy sdih cz g ad temennya y?

  151. Apa ada Obat warung yg Cocok bwat kelinci yg sakit?

  152. kak…kelinci ku sering mencret….padahal setiap pagi sudah aku bersihkan kandang nya…ku beri lampu pada malam hari…pernah ku kasi makan sawi…setelah makan sawi dia mencret2….trs mati….

  153. @Nurmi….cb makanya di selingi vour kelinci atau vour ayam akan mengurangi resiko mencret,
    Pemberian makanan berupa daun2an sebaiknya diberikan dlm kondisi yang sudah layu.
    Untuk jenis sayuran seperti sawi dan kol sbaiknya dicuci dulu krn sayur2an spt ini biasanya mengandung obat/pestisida.

  154. kk, kelinci saya gk nafsu makan, makan nya cma dkt.. biasanya dy rakus…trs kotorannya tiba2 beda dari biasanya lbh lunak… itu gara2 apa y?? dy gk nafsu makan sejak dikejar2 kucing… mhn solusinya

  155. nih kelinci saya mencret obatnya apa yah ?

  156. di kasih ntros top boleh gak obat diare warung

  157. Mau nnya nih, cara mengatasi kelinci yang sedang melahirkan tp ga bisa keluar seutuhnya, sehingga anaknya mati di luar rahim induknya yang masih menempel..tolong di balas dong..

  158. kk kelinci saya telinganya gatal2 apa obatnya?
    kata teman diberi taptapan oli bisa sembuh
    ini malah nambah parah….
    sekarang juga masih gatal2
    pliisss tolong dibalas….!

  159. kira2 apa obatnya?

  160. Permisi gan mau tanya, kalo kena scabies/gudik itu biasanya disuntik obat apa? dipangkal kuku kayak ada semacam bungkil jagung, nah minta saran ini yang kena kan indukan sama anaknya (kira” umur 4 minggu), nah tuh anaknya disuntik jga ato dikasih obat oral?
    thanks, mohon pencerahan cara nyuntiknya sekalian ya gan, maklum peula, ma’af banyak tanya.

    bollialovemy@yahoo.com

  161. kk .. kelinciku gtau knpa dy berdarah, giginy juga patah kyanya sm org gtu diapain, ak panik bgt .. aku uda coba bersihin lukanya trus jg pke betadin masalhny kan giginya yg skit kalu dy gamakan nnti dy mati .. hiks hiks :(
    gmna cara ngobatinnya ???

  162. mau tanya, saya lupa kasih makan kelinci saya dari pagi sampe siang sekitar jam 2an, pas saya liat kelinci saya lg ngeringkuk mulutnya hitam dan keriput. bulu2nya kering banget. apa yang harus saya lakukan dan apa obatnya ??
    terimakasih, mohon dijawab !

  163. Kak, kalau misalkan kelinci nya kembung atau mencret itu, kotoran seperti apa???
    dan kalau bersin mengapa dan apa obatnya??

  164. mas apa boleh kelinci habis dimandiin dikeringin pakai hair dryer?

  165. ;( kk mO tnya dund :
    aku pnya kelinci jnis anggora persia 2 ekor ..
    Yq satu *Warna abu”putih ke coklatan
    yg satu lagi *warna putih

    Pertama beli itu kelinci pd lincah”..?
    Pas d’rmh ko kelinci saya yg warna putih dkt mulut ea basah , lepek gituh kalo d’lepas lincah tp kdang diam jja kllo di kandang diam trus ..
    Beda cm yq 1 ea dyy rakus mkan mulu kalo d’lepas lari”an trus ..
    Yg aku kwatirin tu kelinci mulut smpe hidung ea bsah trus aku kasian gk ky pertama beli dyy selalu lincah

    –__– mohon saran “N” pnjlasan ea ya :
    makacih kk

  166. ka,tlong dw0nk…
    q pnik bnget,kLnciku luka nympe skrg lom smbuh”.q g tau pnykit’a pa..
    awL’a brdrah dr hdUng,sKrg jd luka mrdang d bbir’a jd sUsah mKan,lLu mNjLar k mata yg mLai sayu n slLu kLuar ktorn mTa,bntUin dw0nk ka,gmNa c cra nymbuh’n nya…?hrus d ksih 0bt pa,n skit pa…

  167. mas, aku mau tanya..kelinci yg diare kan pasti disekitar pantatnya sangat kotor sedangkan usia kelincinya masih kurang dari 4 bulan, jika memang seandainya harus dibersihkan mohon kasih saran bagaimna cara membersihkan yg efisien ? terima kasih mas…

  168. mas aq mau nnya klo kelinci mencret obat tradisionalnya apa iya

  169. knapa mas klau klinci yg dijln bnyak yg mati metipun umurnya lbh dri 2bulan

  170. mau nanya dong kalo obat mencret REBUNG bagus ga?

  171. mau nanya dong, kelinci ku abis melahirkan bayi, umurnya bari 1-2 hari,nah induk nya ini gamau nyusuin, nah otomatis saya beri susu kucing, esok harinya, seluruh bayi kelinci nya sekarat, akhirnya mati semua deh,help dong kenapa bisa gini:(

  172. kelinciku baru sekitar 1 1/2 bulan tapi kakinya bengkak! itu kenapa dan gimana cara mengobatinya

    terima kasih

  173. mau nanya dong klo kelinci mencret boleh dikasih diapet? dosisnya brapa? kan itu kapsul jd bagaimana? apa digerus saja dicampur air atau gimana? mohon bantuannya :(

  174. kaka.. mau tanya ya? gini,, anak kelinciku umurnya 3 minggu. nah, kakinya thu luka. setelah kejadian itu diujung telinganya ada gumpalan darah, gitu. terus kakinya bengkak n badannya jadi kurus. itu penyakit apa ya? lalu, cara mengobatinya gimana ya kak??
    Trimakasih..

  175. tolong dibalas secepatnya ya kak..

  176. Mas mw tanya nich,m0h0n bantuanya. .
    Wkt itu klinci sy beranak,dan skrg uda umur 2mggunan,sa.at mau menata kandangnya indukny tak lepasin di luar,setelah berlari mencari rumput tiba2 sy menemukan kaki belakangny lumpuh,jd jalanya keser2. .itu solusiny gmn?soalny msh menyusui

  177. mas, cara menyembuhkan kaki kelinci yang keseleo tuch bagaimana yach ?

  178. tolongin dong ! beberapa hari lalu saya ke jawa. trus say nitipin kelinci saya ke teman. pas saya ambil lg kelincinya ada luka di telapak kakinya dan di dekat kuku. berdarah maksudnya. gmn doong ?

  179. mas…kelinci ku kaya kedinginan gtuh…gimana cranya biar gak kedinginan lgi

  180. Kak
    kelinciku kayak nggak mau makan gitu..,mulainya sih pas aku beli kelinci baru
    sepertinya kelinciku tidak suka kali ya????..

  181. kaka aku mau usaha ternak kelinci,tapi ngk ada yang memasarkan, gmna cara memasarkanya

  182. kakak
    kelinci aku kejang-kejang akibat naik motor 3 jam dan kayaknya dia kembung deh trus ujan pas naik motor itu obatnya apa ya

  183. mohon bantuannya T T
    ~

  184. Tolong di jawab secepatnya ya ,, . kelinci pada umumnya di kawinkan umur brp bulan ?

  185. 6 bulan kak,…tapi rata2 masuk ke 7 bulan baru mau kawin

  186. mas kalo kelinci yang kakinya luka trus dya jadi gk doyan makan dan minum itu gimana?

  187. Mau tanya gan, kemaren malem kelinci ku baek2 ajah tp kok pas pagi harinya mendadak peloh (lemas gak ada daya, kayak mau mati) yah?

  188. mas, mau tanya nih..
    ni knapa y kelinciku kok tiba2 gga mau makan..
    pdahal biasanya kalo makan, dia lahapp banget..

  189. mas saya mau tanya apa smua yg sudah saya baca di sini itu berlaku untuk jenis kelinci anggora.coz kelinci saya kelinci anggora. tolong di jawa yah secepat nya. terimakasi.

  190. oiya ka 1 lg cara merawat bulu kelinci anggora itu gmna ya supaya ttep cantik ga gimbal gitu….apa msti kuku kelinci di potongin demi ksehatan nya? apa mste yah potong bulu kellinci nya atau gimna mohon solusi nya ya ka terimakasih.

  191. ass, mau tanya dong bang .
    kelinci aku umurnya kirakira 7bln . udah 3hari ini dia ga mau makan+minum bahkan sayuranpun ga dia makan, biasanya dia yang paling lahap diantara sodaranya . tadi pas diliat ada cairan keluar dari hidungnya trus nafas nya bersuara . badannya jadi lemes bgt, trus gmna tuh ?
    kasian :(
    tolong bantuannya yah secepatnya

  192. kk kenapa ya kelinci ku telinganya kaya korengan gitu dan karinya juga itu penyebabnya apa kakak dan apa obatnya {di jawab secepatnya ya} maksih

  193. kak jawab donk lagi butuh banget nih…

  194. kelinciku baru umur 1/2 bulan..waktu lagi dilepas di halaman seperti biasa, tau” saya nemu udah ada darah keluar dari telinganya gitu. terus sampe sekarang kalo telinganya miring kadang masih keluar darah ngalir gitu. tapi kelinciny masih lincah dan doyan makan. ada yang tau ga dy kenapa dan ngobatinnya gimana.
    thx

  195. mau tanya dong kenapa ya kelinci sya g nafsu makan? trus kotoranya jad cuma sedikit biasanya klo pagi kotoranya banyak bgt, pa dia susah buang air besar ya? obatnya apa ni?

  196. Ka.. Ak Mau tanya dong.. Ak pnya Kelinci fuzzy loop Tp kupingnya ke Atas sebelah. Umurnya 2 bulan 2 minggu dmna satu kandang Sama anggora berumur Sama. Sehari 2 Kita lepas Di taman. Lari 2 lincah Dan loncat2.. Nafsu makan juga bagus. Tp kupingnya knapa ke Atas satu ya. Dah 3 hari Yg lalu Klo dielus2 trun sbntar Trus naik lagi.. Huahhh Sdih bgt. Mohon sarannya. Trima kasih

  197. Mau tanya saya punya kelinci
    Diaa kna penyakit mencret ga mau makan diem di ujung truss
    Sya kasih obat metronidazol 500gr itu bsa ga dikasih obat itu
    abistu gmna cra minumin.obat pada klinci
    tolong jawabanx

  198. Kelinciku lion mandul,,Apa iia obatnya?.biar tdk mandul

  199. Gan,mau nanya kelinci sy bahasa madurax jubeng(mandul),,sy beli udh lama awlx gak jubeng tp ,,skrng sdh dikawinkan namun hasil tdk memuaskan.apakah ada obatx supaya kelinciku tdk jubeng???.soalx aku pgn bgd px anakan kelinci dr kelinciku ini.blz iia gan.

  200. gan sy mau tanya spa yg bisa mandikan kelinci di derah jakarta brat dimana yah

  201. Terimakasih kak atas artikelnya . . .

  202. Kak,sy mo tanya dong,kelinci saya sptnya tulang kakinya patah,ada memar di paha bagian dlm.Penyebabnya sy ga tau knp kakinya spt itu.Ada saran pengobatan selain dokter gak ya??saya gak tega ngeliatnya.
    Tolong jwb scptnya ya,Kak..Thanks before

  203. Klinci saya gak mau makan tduran trus ge mna ni apa obat nya bg.
    Tolong bg

  204. Bls lah bg mati nantik klinci saya bg…
    Prut nya udh kurus x

  205. mas mau nanya dong.kelinci saya fuzzy lop 3bulan.pertama beli kupingnya baik2 aja (menjuntai kebawah) hari ke2 kupih kanannya jadi lebih sering naik.dan skarang k2 kupingnya naik terus udah ga menjuntai kebawah lagi.itu kira2 kenapa ya?

  206. Mas saya mau nanya, kelinci saya baru 2 bulaan.. jenisnya dutch dan sekarang lagi mencret2 gituu. kalo di penjelasan mas di atas kan dikasih fladex/ flagyl dosis 1/2 tablet untuk kelinci dewasa. apa untuk yg umurnya baru 2 bulan ini dosisnya juga sama saja?
    Terima kasih Mas. Mohon infonyaa

  207. mas kelinci gue lumpuh tiba tiba ,tapi udah gue ikutin saran yg mas kasih ,mohon kasih saran selanjutnya aja mas ,soalnya baru melihara kelinci gue

  208. mas obat buat scabies tu gg adaa di apotik kah mas…

  209. mas, mau tanya. kelinci saya tiba2 gak bisa berdiri kyk lumpuh gitu. umurny baru sekitar 4 bulanan.. cara mengobati selain dari bohlam apa lagi ya? dan juga ini gak mau makan minum. cara biar dia mau makan gimana mas? thx before

  210. aku mau nanya nih,gimana cara mengatasi kelinci yang susah mkan?

  211. mas tolong di bales kelinci aku udah sakit nih,aku mohon ksih tips nya dong pliss;D

  212. Klo kelinci pada saat BAB malah yg keluar lendir ,, itu knp ya??

  213. mas kelinci q itu knpa sie koq sejak kena penyakit kulit di telinga nya koq ga doyan makan . truzz kalo bulu nya itu koq kaya bola keraket gitu ……… itu katanya hair balls gimana sieh ngatasi nya + dalam 1 bln barapa kali dimandikan nya

  214. mas,, mau tnya kelinci ku skrg lagi sakid mencret,, badanya lemes bgt,, sampe gag bisa bangun lagi,, dy ngegeletak ajj,, udh saya kasih obat yg diresepin sm dokter,, tp yg saya mau tanyakan gmn caranya ngasih makan sm dia klo badanya ajj lemes bgt,, dy gag mau bergerak / bangun,, cuma msh ada napas koq..????

  215. mau nanya, cara ngobatin kelinci yang mulutnya berdarah gimana ? terus di ujung mulutnya ada yang tumbuh gitu, keras kaya gigi ? tolong bantuin, makasih.

  216. Mau nanya nih..
    Ku punya kelicii d rumah..sejak semalam dia ga mau makan apapun bersamaan dgn itu juga dia tidak buang air besar maupun kecil sama sekali..
    Kelinci syg hanya berbaring terus dan kadang2 tersentak seperti menahan sakit…apa yg harus sy lakukan..tolong bantu sy :(
    Terima kasih sebelumnya..

  217. mw nanya gmna penanganan klinci yg kena diare usia 3 bln tp tnpa mnum obat..

  218. kelinciku sekarang lagi sakit.ke 4 kakinya luka semacam ada nanahnya dan agak bengkak gitu.trus bulu di bagian pantat,leher bagian dalam,badan bawah,kaki mulai gundul.apa itu kena scrabing ya?kemarin sudah mau aku belikan obat scrabing tapi ngak yakin dia kena scrabing makanya ngak berani beli.soalnya obatnya paka suntik.trus ada yg bilang suntik di bagian pahanya ada juga yg bilang suntik di cubit dikit kulitnya 2 cm dr kepala.aku jadi bingung.kondisinya sih masih mau makan.aku kasih susu,roti,kangkung,jagung selang seling.sekarang kondisinya kurus,jalannya pincang-pincang.bisa bantu solusi terbaik ngak?apa bulunya bisa tumbuh lagi ya?ada obatnya ngak buat numbuhin bulunya?

  219. Kelinci saya nafsu makan kurang, sdkit kurang ceria… kenapa ya

  220. ternyata aq salah mndiin kelinci, kelinciku tak jeburin ke baskom air n saya shampoin ternyta salah y/ skrg kq bulunya jd jelek, ksih tips donk biar bulu klnci anggoraku bagus lg kya dllu

  221. Kelinci saya mau makan tapi perutnya keras banget kalo di pegang,trus kalo di gendong gak tenang gitu, itu harus diapain ya?? Mohon balasannya

  222. kaka mau tanya kelinci saya gak mau pup dan kencing nafsu makan berkurang drastis. ada apa yaaah

  223. mas mau tanya, saya kan baru beli kelinci kecil2 3, tapi setelah 2 hari kelinci saya satu mati malamnya, saya liat dia juga suka makan n minum tapi tiba2 malemnya dia lemes, saya taruh ditempat yang hangat n minumin air anget , lama kelamaan dia malah kejang-kejang gak mau dipegang, trus kelincinya kejang-kejang sama jerit-jerit lalu mati, knp ya mas kelinci saya seperti itu ? tolong kash solusi agar kelinci saya yang lain tidak seperti itu lagi ya mas

  224. Assalamu`alaikum
    kelici saya cuma satu. betina. biasanya, dia lincah. loncat kesana – kesini. tapi minggu2 ini, dia gak mau keluar dari kandang. gak loncat-loncat. kalo dikeluarin, diem aja. makannya gak lahap. dieemmm terus. itu kenapa ya? apa itu tanda penyakit? mohon bantuannya. aku takut dia meninggal. :(

  225. saya ngerawat dia, sekitar 5 bulanan. takut ma mandiin sama ngasi minum. jadi makan aja. soalnya dulu, pernah takkasi air, lgsng mati. itu gimana ya?
    sebelumnya terimakasih banyak.. :)

  226. Assalamu’alaikum
    kelinci saya pertama diem ja agak lama dy kejet2 and akhrnya mati
    itu knp y???
    cra ngbatinya gmn???

  227. Min, obat alami untuk scabies kelinci apa yah min?

  228. kak kelinci diem aja gk maw makan gimana solusinya?

  229. td pagii ak liat klinciii ak uda lemes n kayak stgh saadar… trs pas d pegangg kayak kejang” gt. itu knpa ya???

  230. gan, mau tanya ni. anakan klinci saya umur 2 minggu tiba-tiba lumpuh. kenapa ya? dan cara mengobatinya bagaimana?

  231. Mas kenapa yak kelinciku gak mau makan terus lemes apa dia lumpuh .
    kelinciku sekitar 2 bulanan umurny . Tq

  232. Mau tanya nih mas, aku abis gendong kelinciku terus jatoh karna meronta, terus karna jatuhnya miring jadinya kaki kiri depannya seperti patah jadi pincang, kira kira mesti dikasih obat apa ya? Sedih banget sampe kebawa mimpi :(

  233. Kalau klinci diare obat alaminya bisa menggunakan pucuk daun pisang yg msh muda, berikan kpda kelinci anda yg tersrang diare

  234. s3norabbit mau tanya dong,,,,kelinci ane baru” ini keliatan kaya ada daging numbuh di bagian kanan kiri dekat anusnya…kalo lagi diperiksa diliat buat mastiin pasti tuh kelinci langsung ngeronta” turun -__- daging yg kanan kiri dekat anus itu penyakit apa emang apa ya??mohon infonya :)

  235. s3norabbit…
    kalo kelinci sudah dikawinkan dan setelah beberapa hari saat diumbar kembali kawin akan mengganggu hasil perkawinan pertama/tidak ya?
    mohon dibalas

  236. boz kalau klinci lemas obatnya apa???? tlng d jawab secepatnya

  237. permisi. mau nnya . :) tdi pg kelinci kecil saya ( ±2 bulan ) saya lepasin di halaman supaya main2 dan kena sinar matahari pg , tp nggk taunya ada kucing yg langsung bawa lari kelinciku, q kejar smpek rumah ttngga q mlah kelincix di lemparin begtu aja. kemudian kejang2 dan lngsung q bwa pLang. kemudian q kasih minum tp dia nggk bisa jalan ( lumpuh ), klo jln tu ngesot . tp saat q coba pencet jarinya masih ada rangsangan . 1. apa yang harus saya lakukan supaya kelinci saya cepat sembuh??? . terima kasih , maaf bila mengganggu :) :) ;)

  238. kok kelinci saya menggigil terus ya abis saya mandiin, gimana cara mengatasinya ?

  239. Maaf saya boleh tanya ga?
    Kelinci saya telinganya jamuran udh banyak sampe ke mata itu ada obatny ga ya?

  240. Maaf. mau nanya nih :) Kelinci saya tadi pagi sehat sehat aja, pas saya pulang sekolah(siang-siang) ehh kaki kelincinya yang bagian belakang ga bisa di gerakin, dia jalan ngesot:( << nama penyakit kelinci saya apa ya ? apa bisa di sembuhkan? penyakit ini berbahaya ga? cara menyembuhkannya gimana? terima kasihh, tolong di jawab cepat ya mas :D

  241. kelinci aku sakit udah sekarang aku bingung mau di apain di kasih makan tapi gamau makan :(

  242. Mas, mw nanya. Kelinci sy udh 2 mti,,yg prtma mti na gk tw knp,,tp sblum mti dy mkn jari2 kakinya sndri, trus kejang2 n mti deh akhirnya. Yg kedua,,ini brsan mti,,sy jg g tw psti mti na knp, tp bdn na mkin krus, pilek n pntt na bsh trus. tu knp ea mas?? ksih tips deh mas mngtasi rabbit yg flu,,biar rabbit sy g mti lg.

  243. kaka kalau kelincinya cuman di kasih makan wortel terus bagus gak ?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: