Mengatasi Kelinci tidak mau kawin

By: s3norabbit

Feb 04 2009

Kategori: 1

36 Komentar

Kadang-kadang kita dipusingkan dengan kelinci kita yang tidak mau kawin,sudah umur 6 bulan lebih tetep tidak mau kawin,sudah lama menyapih anaknya tapi juga tidak mau kawin,bagaimana solusinya
Dalam hal ini sangat dibutuhkan kejelian peternak dalam mendeteksi masa birahi kelinci dengan mengenali tanda-tandanya.
Kelinci yang sedang birahi biasanya bertingkah tidak seperti biasanya,
_suka bergerak/berlarian di dalam kandang
_bila disenggol atau di pegang di daerah pantat,dia akan nungging
_sering menjilat-jilat bulunya
_Kalau kita jeli,coba cek di daerah alat kelaminya,biasanya kelinci yang sedang birahi alat kelaminya berwarna kemerah-merahan
_galak terhadap sesama betina
jika terdapat tanda-tanda seperti diatas,segera masukan si betina ke kandang pejantan untuk dikawinkan,biarkan terjadi 2 atau 3 x perkawinan.

Sebenarnya bisa saja kita memaksa kelinci untuk kawin pada saat tidak sedang birahi,yaitu memegangin si betina atau lebih di kenal dengan kawin sodor,namun cara ini sebenarnya kurang baik,karena kwalitas anak dari kawin paksa ini biasanya jelek, tidak seperti yang diharapkan. Berbeda dengan kelinci yang dikawinkan pada saat dia sedang birahi,karena pada dasarnya kelinci yang sedang birahi menunjukan bahwa sel telurnya dalam kondisi yang benar-benar matang dan siap untuk dibuahi.
Jumlah anak yang dikawinkan dengan kawin sodor biasanya akan lebih sedikit dibandingkan dengan kawin pada saat sedang birahi.
Ikuti tips dari "s3norabbit"dalam mengatasi kelinci tidak mau kawin
_sediakan jagung kering kira-kira setengah gelas,rendam dengan air panas kira-kira 1/2 jam,tumbuk dan berikan pada kelinci di pagi hari,lakukan rutin.Setelah 3 atau 4 hari coba di kawinkan.
Proses perkawinan sebaiknya dilakukan di malam hari sekitar pukul 19.00.
Semoga berhasil
=> Reproduksi dan Data Biologi kelinci
Berikut data-data tentang kelinci
Kelinci mampu hidup 5 sampai 10th,bahkan ada yang bertahan sampai 12 thn lebih,ini tergantung kondisi kesehatan dan perawatan kelinci tsb.
Lama produksi ekonomis 1 sampai 3 thn
Kebuntingan terjadi antara 29 smp 35 hari,namun rata-rata kelahiran antara 30 smp 33 hari
Lama mengasuh anak 4 smp 8 minggu,
Umur dewasa 4 smp 10 bln
Betina siap dikawinkan apabila sesudah timbul periode estrus.
Periode estrus ini untuk kelinci kecil/sedang minimal 5 bln sedang pada kelinci besar minimal 8 bln.
Estrus adlh masa keinginan kawin yang ditandai dengan kelinci menjadi tidak tenang,vulva kelinci berubah menjadi agk kemerahan,dan kelinci menunjukan perilaku sexsual misalnya apabila di pegang daerah pantat dia akan nungging dll
Perkawinan akan cenderung berhasil apabila dilakukan pada masa-masa estrus dan Ovulasi terjadi antara 9 – 13 jam setelah kawin,kalau misalnya ovulasi atau pembuahan pada sel telur tidak berhasil maka akan terjadi kebuntingan palsu ,ini terjadi antara 14 – 16 hari. Inilah fase yang agak membingungkan dimana kelinci sudah dikawinkan,sudah menunjukan tanda-tanda hamil namun ternyata tidak hamil alias bunting palsu
Fertilasi terjadi 1-2 jam setelah kawin.
Fertilasi adalah proses penggabungan sperma dan ovum,
segmentasi ovum menjadi blastosel terjadi antara 3-4 hari
Implantasi terjadi antara 7 -8 hari sesudah kawin,
implantasi adalh proses dimana embrio yang telah menetas menempel sendiri kebagian dalam uterus dan mulai membentuk bagian-bagian organ tubuh janin kelinci.
Berat kelinci dewasa bisa mencapai 1.5 smp 8 kilo tergantung jenis kelinci,
berat lahir antara 30-70 gram tergantung jumlah anak dan berat juga jenis sang induk.
Jumlah anak rata-rata 4 – 8 namun ini hanya rata-rata saja karena bisa saja beranak kurang dari 4 dan lebih dari 8,
puting susu rata-rata berjumlah 8,sepasang didada,dua pasang di perut dan sepasang diselangkangan,namun ada juga yang cuma 6 puting susu.
Kecepatan tumbuh 15 – 20
gram/hari hingga umur 8 minggu,dan 100 – 150 gram/minggu hingga umur 26 minggu.
Kelinci jantan dewasa cukup untuk 10 – 15 ekor betina.
Aktifitas kelinci lebih sering di malam hari antara senja sampai dengan subuh.

Data biologis ini saya pelajari dari blog Oengrabbit Semarang

36 comments on “Mengatasi Kelinci tidak mau kawin”

  1. asslmualaikum
    mas mo curhat nih.. kmren kan kelinciku melahirkan tp anaknya cuma satu, itupun mati lagi. kelihatannya matinya sejak dalam kandungan, karena nggak ada bekas luka di tubuhnya. kenapa ya mas kok anaknya cuma satu? apa karena produktifitas induknya jelek atau karena waktu kawin yang tidak tepat? dan kenapa anaknya mati, apa karena induknya sering dipegang ato dipindah? trimakasih sebelumnya.

  2. asslmualaikum
    mas kmren kan aku berkunjung ke peternak di daerahku. di sana cuma ada kelinci jenis vlaams reus. peternaknya bilang berkisar antara 700-900 ribu, tapi ada juga ya 1 juta lebih bahkan 2 juta. pertanyaan saya, apa benar harga vlaams reus bisa sampai begitu mahal? dan kwalitas apa yang membuat harganya bisa mencapai 2 juta? trimakasih sebelumnya.

  3. Dear wahyu….
    Jumlah anak kelinci yang sdkt biasanya terjadi krn sang induk tidak produktif lagi,atau yang paling sering tjd karena kt mengawinkan pd saat sel telur belum matang,shg jumlah anak yg d lahirkan sdkt,dan kadang2 lahir cacat atau mati dlm kandungan.
    Jenis flam memang saat ini harganya mahal krn lg bnyak org yg nyari,memang ada sebagian peternak yg menjual jenis ini smp berjuta2,
    istimewanya cuma pada bentuk tubuh yang besar,karena sbnrnya flam itu masuk dalam jenis pedaging bukan hias.
    Mf telat di update

    http://s3norabbit.wordpress.com

  4. Asallamualaikum,mas aq mau tanya bagaimana ciri2 kelinci yg sedang ham

  5. Dear Deny…
    Ham….Hamil maksdnya ya?
    Ciri2 hamil bs di deteksi stlh 10 s/d 15 hr stlh perkawinan, dgn meraba bagian perut bl terasa ada benjolan2 kecil spt kelereng berarti sdng hamil,atau bs kt lht dr perilakunya,kelnci hamil biasnya cenderung lebih galak,atau coba anda dekatkan ke kelinci pejantan kalau terdengar bunyi kruk-kruk biasnya dia sdg hamil,

    http://s3norabbit.wordpress.com

  6. Salam kenal,
    pejantan saya kok gak mau kawin ya,gimana cara mengatasinya.
    Terima kasih

  7. Dear Fatur….
    Pejantan memasuki masa birahi pada umur 5 s/d 6 bln dan sudah bisa membuahi pd umur 7 bln keatas.
    Pejantan yg sehat biasanya sgt bernafsu untuk kawin,cb anda cermati mgkn kelinci anda sdg sakit,dan jgn pernah anda mengawinkan dgn memasukan pejantan ke kandang betina,ini akan membuat pejantan males kawin dia hanya sibuk menciumi sktr kandang sj.
    Semoga bermanfaat
    http://s3norabbit.wordpress.com

  8. Mau tny lg mas,apakah sebaiknya pejantan dikandang sendiri?Soalnya kelinci pejantan&betinaku aq kandang jadi satu.Tolong jelaskan di emailku.www.gagaxrimang01@ymail.com

  9. Dear Deny…
    Pejantan memang harus di kandang sendiri,kasihan yg betina jk sll di jadikan satu dgn pjantan,krn tentuny pejantan akan selalu mengejar2 si betina untk di kawini,apalagi jk sibetina sdg hamil bs mengakbtkan keguguran.
    Semoga bermanfaat

    http://s3norabbit.wordpress.com

  10. Mas Seno,apa program kerja sama yg di jalani s3norabbit?Bisakah aq ikut program kerja sama itu? http://www.gagaxrimang01@ymail.com

  11. Mas Seno,apa program kerja sama yg di jalani s3norabbit?Bisakah aq ikut program kerja samanya? http://www.gagaxrimang01@ymail.com

  12. Mas, kmarin sy beli 1 pasang kelinci,
    yang jantan sudah siap kawin, tp yg betina belum..
    Ciri yg btina brbadan lbh kecil dr pnjantan, telinga panjang, wrna putih, kr2 yg btina sdh brumur brp?
    Klo sy tnya kepenjual ktany umur 5bln, apkah umur 5bln klinci sdh bs hamil ?
    Trims

  13. Dear Fauzie…
    Kelinci bs hamil rata2 pd umur 5 s/d 8 bln,tergantung jenis kelinci tsb.
    Kelinci jenis kecil bs hamil pd usia 5 bln,klinci jenis sedang bs hamil pd usia 6 s/d 7 bln,yg jenis besar flam misalnya bs hamil pd usia 8 bln.
    Smg membantu

  14. Ass. mas, mau tanya? klinci ku koq ngak kwin-kwin ya padahal belinya udh 8 bln yg lalu? minta tips nya ya.thank you. wass.

  15. mas, saya mao tanya…
    saya punya kelinci spsang dlm 1 kndang.
    akhir2 ini yg jntan slalu berusaha untuk mengawini betina tapi si betina ttp saja menghindar, tidak mau dinaiki pejantan. bagaimana mengatasiny?

  16. mas, saya mao tanya…
    saya punya kelinci spsang dlm 1 kndang.
    akhir2 ini yg jntan slalu berusaha untuk mengawini betina tapi si betina ttp saja menghindar, tidak mau dinaiki pejantan. bagaimana mengatasiny?
    mohon balasannya… terima kasih..

  17. Dear Van…
    Ada beberapa alasan kelinci betina selalu menghindar dari pejantan, antara lain
    1.si betina masih terlalu muda/belum siap kawin
    2.Dalan kondisi sedang hamil
    3.Dia sedang sakit.
    sebaiknya kelinci betina dan pejantan dipisahkan,jgn sekandang, kalau memang dia sdh umur 5 bln lebih dan blm hamil,beri jagung muda untuk merangsang birahi betina,2 atau 3 hari coba anda masukan ke kandang pejantan,jk masih tdk mau ulangi smp dia mau,tp jangan di jadikan 1 kandang.
    Semoga membantu

    info terbaru s3norabbit silahkan kunjungi
    http://www.tinyurl.com/ntronik

  18. mas, mengapa kelinci betina saya terkadang mengeluarkan suara yang nyaring ketika dikejar2 oleh pejantan?
    apakah itu wajar atau tidak yang berarti betina tidak ingin dikawini oleh pjntan?

    thx before…

  19. Dear Halim…
    Wajar saja jika betina mengeluarkan suara keras menjerit,ini terjadi biasanya pada kelinci yang belum pernah kawin,faktor penyebabnya adalah dia sangat ketakutan saat di kejar-kejar pejantan.
    Segera pisahkan dari pejantan,karena jika terus ketakutan kelinci bisa stres dan trauma tidak mau lagi dikawini pejantan.
    Semoga bermanfaat.

    Info terbaru s3norabbit,
    bagi yang ingin menjalin kerja sama dengan s3norabbit silahkan kunjungi :

    http://www.tinyurl.com/ntronik

  20. mas saya punya kelinci anggora betina usianya sudah 5 bulan dan saya mencoba mengawinkannya dengan kelinci jantan jenis rex usia 6 bulan…tapi yg anehnya pas saya masukan betina kekandang jantan si jantan malah ketakutan dan si betina malah menyerang si jantan,sampe si jantannya strees.tolong mas masukannya…thank’s

  21. mas saya punya kelinci anggora betina usianya sudah 5 bulan dan saya mencoba mengawinkannya dengan kelinci jantan jenis rex usia 6 bulan…tapi yg anehnya pas saya masukan betina kekandang jantan si jantan malah ketakutan dan si betina malah menyerang si jantan,sampe si jantannya strees.tolong mas masukannya…thank’s

  22. Dear faisal
    ada beberapa faktor kelinci betina menyerang pejantan,biasanya kelinci betina sdg hamil, atau bs jadi pejantanya terlalu kecil.
    Usahan mengawinkan kelinci pejantanya harus lebih besar dan sejenis.
    Sbaik kawinkan dengan pejantan angora.
    Mf br sempat update

  23. permisi gan mau nanya nich.
    kemarin aku beli kelinci indukan dan 1 jantan tapi gak saya jadikan 1. nah masalahnya si betina ini waktu mau aku kawinkan lari2 terus. akhirnya saya pisahkan lagi. kemudian dikandang betina kan saya kasih bok untuk beranak dia mengorek2 dan kelincinya jadi galak saya bingung ini kelinci mau hamil apa minta kawin ya?

  24. ohh gtu ya,pantes ni klinci btina q klo di ajak kawin sma pejantanya slalu kabur,soalnya sehari” q jadiin 1 kandang,coba dah q pisahin,trus pas umurnya 7 bulannan bru q satuin

  25. Mas tx ne kelinci yg berumur 1 thn bleh dmndikan gak? cz bdanx ktor bgt kna ktoran krn dia lagi diare. bleh gak??

  26. kak…aku mau nanya…aku punya kelinci anakan hasil dari kelahiran si induk…bagai melihat jenis kelamin anak nya yang masih berumur kurang lebih 3 bulan…dan saat ini empat ekor anak nya dlm satu kandang

  27. dear mas bro…kelinci saya sepasang..dari awal beli sampe skrng 1 kandang..apa kah bisa kawin.karna sampe skrng kelinci saya tidak kunjung hamil….mohon saran nya

  28. dear seno……kelinci saya sepasang jenisnya anggora…..saya mau tanya masa perkawinan kelinci anggora ketika umur berapa……………mohon jawabannya.

  29. kaks, gw beli sepasang kelinci yg yg siap kawin kata penjualnya, tapi kelinci itu udah 1 kandang sejak umur 3++ bulanan, pas mau di kawinin di kandang baru gejala2 mau kawin *sperti kejar2an ga ada*, malah mereka seperti kaka adek aja, ga beraksi? itu gmana solusinya, apakah harus dipisah dolo untuk brapa hari? sampai brp hari gitu tolong di jawab?

  30. mas aq mau nanya’ ni aq punya 1 anggora jantan n 1 lop betina , 2 minggu yg lalu aq kawini jantan nya semangat tpi betina nya ga’ mau kawin…nah sekarang kebalikannya sibetina semangat si jantan ga’ nafsu …..tolong tips nya ya biar jumpa jln kawin nya….hehe

  31. mas, saya punya kelinci 1 pasang. saya pelihara dari usia 2 bulanan, skrg yg betina umur 5 bulan, yang jantan 7 bulan. kalau siang saya lepas aja, malam dikandangin. selama ini akur-akur aja, tapi akhir-akhir ini yg jantan ngejar-ngejar yang betina melulu, yg betinanya gk mau dikawin. pernah dikawin sekali yg betina mengeluarkan suara melengking. ada solusinya gk supaya kelinci saya akur-akur aja kayak ade kaka. gak usah kejar-kejaran melulu, gk usah kawin gpp, saya kasian yang betina.

  32. Gan mau nanya aqu punya 3 kelinci yg 2 jantan dan 1 betina,jenis jantan yg satu jawa,yang 1nya lg n yg betina australi,yg sejenis dijadiin 1 kandang tapi gak mau kawin2,sy cb kawinkan dgn kelinci temen yg jawa n mau dikawini,tp setelah 2 minggu gak ada tanda2 kehamilan,gimana y cr supaya hamil??

  33. mas saya mau tnya
    kelinci sya uda dkawinkan uda 1 bulan teryanta belum beranak juga..
    Pas aq mau kawinkan lagi malah g mau
    uda aq coba berkali2 te2p g mau
    tulung kasih pencerahan,,,,
    thks

  34. mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaaaaas kamu cowoook atau cccccccccccceewwwek

  35. mas kl kelinci dutch cowok umur 8bln sm dutch cewek umur 5 bulan bisa dikawinin gak?trus kelinci dutch bisa dikawin silangkan sm kelinci jenis lain gk?

  36. mas mau tanya kelinci yang galak itu kenapa ya? setiap mau di pegang atau tangan di deketin ke kepalanya malah nyosor mau di gigit..usianya kurang lebih 1 tahun lebih.. apa bisa di jinakan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: